Ketua: Made Bhaswara Wiranugeraha

Wakil Ketua 1: Made Sindy Astri Pratiwi

Wakil Ketua 2: Made Ramanda Bramasta Pramana

Kelompok Ilmiah Siswa SMU 1 Denpasar pada mulanya merupakan pengejewantahan dari sebuah seksi OSIS SMA Negeri 1 Denpasar, yaitu seksi Science Club. Seksi ini lebih menekankan kegiatannya pada kegiatan kelompok belajar yang mendiskusikan pelajaran-pelajaran sekolah, terutama ilmu-ilmu exact (IPA dan Matematika).

Pada tahun 1981, pada salah satu kegiatan, tercetus sebuah kegiatan untuk membentuk suatu kelompok ilmiah seperti yang telah ada di sekolah-sekolah di pulau jawa. Selain itu berdasarkan program yang dirancangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), diintruksikan agar dibentuk Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

Pada tahun 1981 itu juga, SMU 1 Denpasar diundang oleh LIPI untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) tingkat nasional yang diadakan di Bedugul. Yang mewakili tahun itu adalah Suarnatha Cs, sebagai wakil seksi Science Club.

Dalam PIR tingkat nasional tersebut dibicarakan tentang perlunya dibentuk Kelompok Ilmiah Remaja ditingkat sekolah (terutama SLTA) di Indonesia. Disamping itu, juga ditanamkan prinsip-prinsip sebuah kelompok ilmiah. Hal inilah yang nantinya akan menjadi bekal bagi pendiri KISS~1 Denpasar dalam mengelola organisasi.

Setahun kemudian terjadi pergantian pengurus seksi Science Club, dengan pengurus baru yang dipimpin oleh Kayika, berdasarkan mandat dari pengurus lama, maka dibentuklah sebuah Kelompok Ilmiah SMU 1 Denpasar, yang dinamakan Kelompok Ilmiah Siswa SMU 1 Denpasar (KISS~1 Denpasar). Didirikannya tepatnya 17 Agustus 1982.

Mengapa KISS~1 Denpasar ?

Pemberian nama KISS~1 semata-mata untuk memberikan ciri khas KIR SMU 1 Denpasar diantara KIR-KIR di sekolah-sekolah lainnya. Di samping itu, dikalangan anak muda, istilah KISS~1 akan memberikan persepsi dan asosiasi yang unik.

Pada saat berdirinya, Pembina KISS~1 Denpasar, langsung dari Bapak Kepala SMU 1 Denpasar waktu itu, yaitu Bapak Dharma Susila. Pada saat pembentukannya juga ditetapkan lambang KISS~1 Denpasar yaitu sebuah lingkaran besar dengan delapan buah lingkaran kecil di dalamnya yang mengelilingi sebuah lingkaran lagi. Adapun warna lambang ditetapkan biru, dengan dasar putih. Adapun makna lambang tersebut sebagai berikut :

  • Lingkaran besar bulat, tidak berujung pangkal, melambangkan bahwa ilmu pengetahuan itu tiada batasnya, selalu berkembang dan tiada akhir.
  • Delapan lingkaran kecil saling berhubungan adalah symbol ilmu pengetahuan yang terdiri dari delapan cabang.
  • Warna biru melambangkan air laut, bila air laut dipakai sebagai tinta untuk menulis ilmu pengetahuan, maka akan tiada habis-habisnya
  • Bintang melambangkan KISS~1 yang selalu bersinar

==NON SCHOLAE SED VITAE DICIMUS==